RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SDN
CIKULUR
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : IV/2
Pertemuan ke : 1 (Pertama)
Alokasi
waktu : 20 menit
Standar
kompetensi : mengenal sumber energi panas dan kegunan matahari dalam kehidupan sehari hari
Kompetensi Dasar :
mengidentifikasi sumber-sumber energi panas dan kegunaan matahari
Indikator : -Dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energi panas
-Dapat menjelaskan penggunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- Menerangkan sumber-sumber
energi dengan detail
- Menyebutkan alat-alat yang
menghaslkan energi dengan benar
- Menggunakan energi panas dengan tepat dan benar
II. MATERI
1. Sumber-sumber
energi
2. Alat-alat yang
menghasilkan energi
III.
METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan
|
1’
1’
2’
2’
|
- Salam dan doa
- Pengabsenan
- Apersepsi
-G: Tahukah kalian mengenai energi panas?sebutkan!
-M: Tahu, segala sesuatu yang menghasilkan panas
-G: Beri contohnya!
-M: Setrika
- Guru menyampaikan Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Tujuan pembelajaran
|
-tanya jawab
-ceramah
|
Buku paket
IPA kelas IV semester 2
|
2. Kegiatan Inti
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi /metode
|
Sumber /Bahan
|
1’
1’
1’
1’
1’
1’
1’
5’
2’
1’
1’
5’
|
-Guru
menjelaskan tentang energi panas, dan matahari dalam kehidupan sehari-hari
-Guru bertanya
kepada siswa seputar energi panas
-Guru membagi
menjadi 10 kelompok terdapat 10 siswa
-Guru mengkondisikan
kelas
-Guru meminta
siswa membuat lingkaran sesuai dengan urutan kelompok 1 – 10
-Guru menyiapkan
pertanyaan yang sudah disediakan didalam kotak
-Setiap perwakilan
kelompok mengambil pertanyaan yang sudah disediakan di dalam kotak
-Setiap
kelompok mendiskusikan dan menuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut
-Setiap kelompok bergantian menjelaskan
jawaban yang telah di diskusikan
-Guru
memutuskan untuk memilih kelompok terbaik atas jawabannya
-Guru
memberikan hadiah kepada kelompok terbaik
-Guru
memberikan konfirmasi dan penguatan.
|
Ceramah
Tanya
Jawab
Permainan
|
Buku paket IPA kelas IV semester 2
|
3. Kegiatan Penutup
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan
|
1’
5’
2’
1’
|
- Guru mengevaluasi kegiatan
pembelajaran dengan memberikan teks lembar soal pertanyaan kepada siswa secara
global mengenai energi panas
-
--Guru meminta
siswa untuk mengerjakan soal
- pengkoreksian bersama siswa
sekaligus memberi nilai siswa
- Doa dan Salam
|
- Ceramah
- Tanya jawab
- Tes, Uraian Obyektif
- Tes,Benar Salah
- Tes, Lisan
|
Buku paket
IPA kelas IV semester 2
|
V. SUMBER/BAHAN
1.
Buku paket Ilmu
Pengetahuan Alam kelas 4 semester 2
VI. LAMPIRAN
o Lembar analisis KKM setiap
indikator
Mengetahui
Dosen Mata Kuliah
Encep andriana,M.Pd
|
![]()
Guru Mata Pelajaran
Kholilatun
Hasanah
|
BAB I
ENERGI PANAS DAN KEGUNAANNYA
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
|
1. Mengenal berbagai energi panas dan
matahari yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
1.1. Mengidentifikasi sumber
energi panas yang ada di
lingkungan sekitar
1.1.1. Dapat menerangkan sumber energi panas dan kegunaannya
1.1.2. Dapat menyebutkan
alat-alat yang menghasilkan energi panas
1.1.3
|
A. PENGERTIAN ENERGI
Segala sesuatu
yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan energi. Untuk
bertahan hidup kita membutuhkan energi yang diperoleh dari makanan. Setiap
kendaraan membutuhkan energi untuk bergerak dan energi itu diperoleh dari bahan
bakar. Hewan juga membutuhkan energi untuk hidup. Sebagaimana manusia dan
tumbuhan.
B. SUMBER-SUMBER ENERGI
1. Matahari
Matahari adalah
sumber energi utama di bumi. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas.
Cahaya matahari membuat bumi terang pada siang hari, membantu tumbuhan memasak
makanan, membuat baju basah menjadi kering, dimanfaatkan petani untuk menjemur
padi, dan dimanfaatkan nelayan untuk menjemur ikan. Petani menjemur padi sehingga padi kering,ditumbuk menjadi beras, dan
dimasak menjadi nasi.Semua kehidupan di bumi membutuhkan panas
matahari,maka matahari di sebut sumber energi panas yang utama.
C. BENTUK-BENTUK ENERGI
1. Energi Panas
Setrika yang
panas dapat melicinkan pakaian, dan solder yang panas dapat mencairkan timbal.
Sebuah benda pada suhu tertentu memiliki energi. Energi yang dimiliki oleh
benda karena suhunya disebut energi panas atau energi kalor.
Berbagai
alat pemanas menggunakan energi listrik misalnya setrika, pemanggang roti, dan
dispenser. Panas dari setrika digunakan untuk melicinkan pakaian. Pemanggang
roti digunakan untuk memanggang roti. Dispenser digunakan untuk memanaskan dan
mendinginkan air minum.
Alat yang menghasilkan panas
antara lain kompor, setrika, pemanggang roti, dan dispenser.
D. ALAT-ALAT
YANG MENGHASILKAN ENERGI.
1. Alat yang
Menghasilkan Energi Panas
Banyak alat yang menghasilkan energi panas. Misalnya kompor penanak nasi,
dan setrika. Kompor menghasilkan panas untuk memasak. Setrika digunakan untuk
melicinkan pakaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar