Jumat, 01 Januari 2016

ciri ciri orang habat

Siapa sih orang yang hebat itu, presidenkah, profesorkah, dokterkah atau mungkin diri kita sendiri ? sepenggal pertanyaan yang ditanyakan adikku yang masih kecil padaku ? dengan mudah aku jawab siapa saja bisa jadi orang hebat, asal mau belajar, berani mencoba, tidak takut gagal dan orang hebat itu bukanlah seoarang ahli kungfu/silat bahkan bukanlah orang yang kebal terhadap tembakan senapan api, melainkan orang yang mampu melawan musuh yang sedang dihadapinya. Musuh itu bukan hanya manusia, bisa saja musuhnya itu pekerjaan, penyakit bahkan caci maki orang.
Karena itulah aku sempat berfikir setelah ngasih penjelasan kepada adikku yang anaknya masih duduk dibangku SD tersebut. Bagi dia, orang hebat itu adalah pahlawan. Tapi setelah aku pikir2, ada beberapa ciri orang hebat, diantaranya hasil pemikiranku sendiri menemukan bahwa mereka yang dikategorikan hebat mempunya ciri2 antara lain :
1. Dihormati
mereka yang dapat penghormatan dari semua orang menurutku adalah orang hebat, karena mampu menarik simpati orang banyak untuk menghomatinya.
2. Dihargai
apa artinya jabatan tinggi, gelar professor, kaya raya kalau tidak dihargai orang. Dan orang yang hebat biasanya dihargai orang lain, meskipun itu musuhnya sendiri.
3. Disegani
banyak yang bilang guru itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dan ternyata pernyataan itu benar adanya, meskipun hanya guru SD, tapi anak didiknya ada yang jadi pilot, nahkoda, tentara, polisi, pengusaha dan ada juga yang nganggur. Dari situ aku simpulkan selain tanpa tanda jasa, guru juga disegani banyak orang karena kemampuan mengajar dan mendidik anak orang banyak.
4. Pandai
pandai mutlak dimiliki orang hebat, karena meskipun pendidikan rendah tapi jika punya kreatifitas lebih maka siapa saja bisa jadi orang hebat.
5. Menjadi teladan
seseorang yang hebat pasti akan dijadikan teladan oleh orang lain. Baik itu sifat, sikap maupun perilakunya.
6. Dapat dipercaya
rasanya segala sesuatunya itu akan menjadi sia-sia jika kita tidak bisa dipercaya. Hal itu jugalah yang harus dimilki oleh orang hebat. Apa artinya kepandaian dan harta melimpah kalau kita tidak bisa dipercaya. Orang lain tidak akan pernah simpati terhadap kita.
7. hidup bersahaja
menurut survey yang aku lakukan, ternyata orang2 yang menurutku hebat punya pola hidup yang lain daripada yang lain. Yaitu mereka lebih suka hidup sederhana, karena bagi mereka kesederhanaan adalah gerbang kebahagiaan dan kesuksesan.
8. dan masih banyak lagi yang ga mungkin aku ceritakan disini…
Dari sedikit yang aku paparkan diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa siapa saja bisa jadi orang hebat asal mau berusaha untuk meraih ciri2 yang harus dimiliki orang hebat yang aku paparkan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar