Minggu, 27 Desember 2015

ISLAM untuk DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN



Nama : Kholilatun Hasanah
Nim : 2227140950
Kelas : PGSD 2C
ISLAM untuk DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN
Ø  Pengertian pendidikan islam
Ilmu pendidikan islam suatu ilmu yang yang membicarakan tentang upaya pengembangan secara sistematis bagaimana proses pendidikan ajaran islam melalui pembinaan pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan oleh orang ke orang lain, agar islam dapat dijadikan sebagai panutan (way of life) perspektif ini bersifat pengembangan konsep dan praktis pendidikan, yang selalu ditinjau dan dirumuskan berdasarkan pengembangan kehidupan manusia sehingga islam sebagai rujukan selalu bermakna dinamis,inilah yang kemudian melahirkan suatu ilmu pendidikan islam yang bersifat teoritis dan praktis.
Dari  berbagai  literature  terdapat berbagi  macam  pengertian pendidikan Islam. Menurut Athiyah Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah  mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya, pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam bekerja dan manis tutur sapanya.
Sedang Ahmad D. Marimba memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah
bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
Jadi pendidikan islam ialah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim.
Ilmu pendidikn islam termasuk dalam disiplin ilmu yang dikarenakan bahwa telah memenuhi segala persyaratan ilmu pengetahuan yaitu sebagai berikut:
1.    Pendidikan islam memiliki obyek material yang menyatakan bahwa manusia sebagai peserta didik dan memiliki obyek formal yaitu aktifitas manusia terhadap usahanya dalam membimbing manusia lain menuju arah titik kedewasaan yang sesuai nilai-nilai islam.
2.    Pendidikan islam memiliki sebuah metode, metode dalam pengembangan yang kiranya dipergunakan sebagai ilmu pengetahuan untuk wajah islam adalah metode test, metode observasasi atau pengamatan, dan lain-lain.
3.    Pendidikan islam memiliki sistematika, meskipun sistematika tersebut kadang tidak bisa tersurat. Maka sistematika dalam pendidikan islam dapat diketahui dengan lahirnya suatu penggolongan akan masalah-masalah dan juga pembahasan masalahnya untuk masalah yang berada didalam pendidikan islam.
Ø  Ruang lingkup pendidikan islam
Ilmu pendidikan islam mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak segi-segi atau pihak-pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung.objek ilmu pendidikan islam ialahsituasi pendidikan yang terdapat pada dunia pengalaman.
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan ketiga hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya.Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam juga identik dengan aspek-aspek Pengajaran Agama Islam karena materi yang terkandung didalamnya merupakan perpaduan yang saling melengkapi satu dengan yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
Cakupan tersebut setidaknya menggambarkan bahwa ruang lingkup Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, diri sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya maupun lingkungannya. 
Ø  Landasan pendidikan islam
Landasan yang menjadi fondamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan islam yaitu arah kemana anak didik akan dibawa.
        Setiap usaha, kegiatan dan tindakan yang di sengaja untuk mencapai suatu tujuan harus mempunyai landasan tempat berpijak yang baik dan kuat. Oleh karena itu pendidikan agama Islam sebagai suatu usaha membentuk manusia, harus mempunyai landasan bagi semua kegiatan didalamya.
       Landasan itu secara garis besar ada tiga yaitu: Al-qur`an, As-sunnah, Ijtihad dan perundangan yang berlaku di Negara kita.

Ø  kelembagaan pendidikan islam
Secara etimologi lembaga adalah asal sesuatu, acuan, sesuatu yang memberi bentuk pada yang lain, badan atau organisasi yang bertujuan mengadakan suatu penelitian keilmuan atau melakukan sesuatu usaha. Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa lembaga mengandung dua arti, yaitu: 1) pengertian secara fisik, materil, kongkrit, dan 2) pengertian secara non-fisik, non-materil, dan abstrak
Secara terminology lembaga pendidikan islam adalahsuatu wadah, atau tempat berlangsungnya proses pendidikan islam, lembaga pendidikan itu mengandung konkirit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian yang abstrak, dengan adanya norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu serta penanggung jawab pendidikan itu sendiri
Ø  Tujuan ilmu pendidikan islam
Tujuan dalam pendidikan islam secara intruksional adalah sebagai berikut:
a.    Memfokuskan anak untuk dapat menguasai suatu ilmu secara khusus.
b.    Memfokuskan anak untuk mampu menguasai semua ilmu secara umum.
c.    Bagi kurikuler maka untuk dapat mencapai garis besar pada program pengajaran di institusi pendidikan.
d.    Secara institusional maka tujuan yang harus diwujudkan berdasarkan dengan program pengajaran pendidikan disetiap intitusi.
e.    Secara umum maupun nasional maka cita-cita hidup telah ditetapkan untuk segera dicapai baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar