Nama
: Kholilatun Hasanah
Nim
: 2227140950
Kelas
: PGSD 2C
ISLAM
untuk DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN
Ø Pengertian
pendidikan islam
Ilmu pendidikan islam suatu ilmu yang yang membicarakan
tentang upaya pengembangan secara sistematis bagaimana proses pendidikan ajaran
islam melalui pembinaan pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan oleh orang ke
orang lain, agar islam dapat dijadikan sebagai panutan (way of life) perspektif
ini bersifat pengembangan konsep dan praktis pendidikan, yang selalu ditinjau
dan dirumuskan berdasarkan pengembangan kehidupan manusia sehingga islam
sebagai rujukan selalu bermakna dinamis,inilah yang kemudian melahirkan suatu
ilmu pendidikan islam yang bersifat teoritis dan praktis.
Dari berbagai literature
terdapat berbagi macam pengertian pendidikan Islam. Menurut
Athiyah Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya
hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya,
sempurna budi pekertinya, pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus,
profesiaonal dalam bekerja dan manis tutur sapanya.
Sedang Ahmad D. Marimba memberikan pengertian
bahwa pendidikan Islam adalah
bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
Jadi pendidikan islam ialah bimbingan yang
dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia
memiliki kepribadian muslim.
Ilmu pendidikn islam termasuk dalam disiplin
ilmu yang dikarenakan bahwa telah memenuhi segala persyaratan ilmu pengetahuan
yaitu sebagai berikut:
1. Pendidikan
islam memiliki obyek material yang menyatakan bahwa manusia sebagai peserta
didik dan memiliki obyek formal yaitu aktifitas manusia terhadap usahanya dalam
membimbing manusia lain menuju arah titik kedewasaan yang sesuai nilai-nilai
islam.
2. Pendidikan
islam memiliki sebuah metode, metode dalam pengembangan yang kiranya
dipergunakan sebagai ilmu pengetahuan untuk wajah islam adalah metode test,
metode observasasi atau pengamatan, dan lain-lain.
3. Pendidikan
islam memiliki sistematika, meskipun sistematika tersebut kadang tidak bisa
tersurat. Maka sistematika dalam pendidikan islam dapat diketahui dengan
lahirnya suatu penggolongan akan masalah-masalah dan juga pembahasan masalahnya
untuk masalah yang berada didalam pendidikan islam.
Ø Ruang
lingkup pendidikan islam
Ilmu pendidikan islam
mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak segi-segi
atau pihak-pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung.objek ilmu
pendidikan islam ialahsituasi pendidikan yang terdapat pada dunia pengalaman.
Ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi keserasian, keselarasan, dan
keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan
sesama manusia, dan ketiga hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta
hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya.Ruang lingkup Pendidikan
Agama Islam juga identik dengan aspek-aspek Pengajaran Agama Islam karena
materi yang terkandung didalamnya merupakan perpaduan yang saling melengkapi
satu dengan yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
Cakupan tersebut setidaknya menggambarkan
bahwa ruang lingkup Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat mewujudkan
keserasian, keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT,
diri sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya maupun lingkungannya.
Ø Landasan
pendidikan islam
Landasan yang menjadi
fondamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan islam yaitu arah kemana
anak didik akan dibawa.
Setiap usaha, kegiatan dan tindakan yang di sengaja untuk mencapai suatu tujuan
harus mempunyai landasan tempat berpijak yang baik dan kuat. Oleh karena itu
pendidikan agama Islam sebagai suatu usaha membentuk manusia, harus mempunyai
landasan bagi semua kegiatan didalamya.
Landasan itu secara garis besar ada tiga yaitu: Al-qur`an, As-sunnah, Ijtihad
dan perundangan yang berlaku di Negara kita.
Ø kelembagaan
pendidikan islam
Secara
etimologi lembaga adalah asal sesuatu, acuan, sesuatu yang memberi bentuk pada
yang lain, badan atau organisasi yang bertujuan mengadakan suatu penelitian
keilmuan atau melakukan sesuatu usaha. Dari pengertian di atas dapat dipahami
bahwa lembaga mengandung dua arti, yaitu: 1) pengertian secara fisik, materil,
kongkrit, dan 2) pengertian secara non-fisik, non-materil, dan abstrak
Secara
terminology lembaga pendidikan islam adalahsuatu wadah, atau tempat
berlangsungnya proses pendidikan islam, lembaga pendidikan itu mengandung
konkirit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian yang abstrak, dengan
adanya norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu serta penanggung jawab
pendidikan itu sendiri
Ø Tujuan ilmu
pendidikan islam
Tujuan dalam
pendidikan islam secara intruksional adalah sebagai berikut:
a. Memfokuskan
anak untuk dapat menguasai suatu ilmu secara khusus.
b. Memfokuskan
anak untuk mampu menguasai semua ilmu secara umum.
c. Bagi
kurikuler maka untuk dapat mencapai garis besar pada program pengajaran di
institusi pendidikan.
d. Secara
institusional maka tujuan yang harus diwujudkan berdasarkan dengan program
pengajaran pendidikan disetiap intitusi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar