Minggu, 13 Desember 2015

KARAKTER MANUSIA YANG DISUKAI

Karakter atau sifat merupakan bawaan dari lahir, dan sudah melekat pada diri kita sejak kita. Nah, diantara banyak sifat yang dimiliki ada beberapa sifat yang sangat disukai oleh semua orang. Ada baiknya kita sebagai manusia yang nota bene sebagai mahluk sosial, menerapkan sifat-sifat tersebut agar dalam pergaulan kita berhasil. Karena salah satu kunci kesuksesan adalah pergaulan yang berhasil. Berikut saya coba tulis beberapa sifat yang paling disukai tersebut :
  1. Rendah Hati, Rendah hati merupakan sifat yang paling sukai oleh banyak orang, rendah hati bukan berarti rendah diri. Rendah diri merupakan sebuah sifat yang kurang baik dan sebuah kelemahan, sedangkan rendah hati merupakan sebuah keunggulan. Sikap rendah hati akan mampu membuat orang yang berada ‘diatas’ kita merasa nyaman dan orang berada ‘dibawah’ kita tidak merasa minder.
  2. Tulus, Sifat kedua yang paling banyak disukai orang adalah tulus, orang yang tulus akan mampu membuat orang lain merasa nyaman dan aman berada didekatnya. Ia pun akan berbicara dengan sejujur-jujurnya dan akan berbuat dengan seikhlas-ikhlasnya. Dalam bertindak ia hanya melakukannya atas dasar keikhlasan tanpa ada motif atau maksud lain dibelakangnya.
  3. Setia. Ya, setia. Merupakan sifat ketiga yang paling banyak disukai orang lain, kesetiaan saat ini sudah merupakan barang yang langka dan sangat mahal. Dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari banyak keluarga, bamyak individu yang hancur hanya karena mengkhianati kesetiaan tersebut. Orang yang setia adalah orang memegang teguh komitmen yang dimilikinya.
  4. Ceria, Ceria disini bukan merk mobil atau provider selular. Namun ceria disini adalah sikap hati yang selalu memancarkan keceriaan, yang perlu diingat adalah keceriaan adalah bukan hanya pancaran wajah. Meski memang, kadang penilaian orang sering menilai sebuah keceriaan hanya dari mimik muka/ wajah semata. Menurut saya orang yang ceria adalah orang yang mampu mengontrol emosinya, tidak suka mengeluh dan menikmati hidupnya.Keceriaan bisa muncul karena kita selalu berpikir poisitif, tidak berprasangka buruk dan selalu berpandangan dengan sudut pandang yang positif, mereka lebih suka mencari solusi dibanding frustasi.
  5. Percaya Diri, Percaya diri merupakan sebuah sifat yang sangat penting, ingat bahwa percaya diri bukan sombong atau narcis. Percaya diri adalah sifat dimana dia menerima keadaan dirinya sebagaimana adanya, dan tidak minder. Dia mempercayai akan kemampuan dirinya sendiri tentunya dengan parameter yang jelas.
  6. Supel, Banyak juga orang yang menyatakan sifat supel ini dengan ‘easy going’, supel merupakan sifat dimana seseorang mampu mengadaptasikan dirinya dengan lingkungan dan menganggap hidup ini sebuah fase yang ‘ringan’. Sifat ini disukai karena biasanya orang dengan sifat supel bisa masuk ke lingkungan mana saja dan apa saja.
  7. Bertanggung Jawab, Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.(www.gp-ansor.org).
    Empati
  8. Empati, Empati (dari Bahasa Yunani εμπάθεια yang berarti “ketertarikan fisik”) didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain. Karena pikiran, kepercayaan, dan keinginan seseorang berhubungan dengan perasaannya, seseorang yang berempati akan mampu mengetahui pikiran dan mood orang lain. Empati sering dianggap sebagai semacam resonansi perasaan.(http://id.wikipedia.org/wiki/Empati).(dni/cnj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar